Home > Uncategorized > Etika Bisnis – Pelanggaran Etika Bisnis terhadap Akuntabilitas

Etika Bisnis – Pelanggaran Etika Bisnis terhadap Akuntabilitas

Contoh kasus :

Sebuah rumah sakit swasta melalui pengurus mengumumkan kepada seluruh karyawan yang akan mendaftar PNS, otomatis dinyatakan mengundurkan diri. A sebagai salah satu karyawan di rumah sakit tersebut mengabaikan pengumuman dari pihak pengurus, karena menurut pendapatnya, ia diangkat oleh pengelola, dalam hal ini Direktur rumah sakit, sehingga segala hak dan kewajibannya berhubungan dengan pengelola bukan pengurus pihak pengelola sendiri tidak memberikan surat edaran resmi mengenai kebijakan tersebut. Dari kasus ini rumah sakit tersebut dapat dikatakan melanggar prinsip Akuntabilitas, karena tidak ada kejelasan fungsi pelaksanaan dan pertanggungjawaban antara pengelola dan pengurus rumah sakit.

Hasil Analisa :

Prinsip akuntabilitas adalah prinsip dimana para pengelola berkewajiban untuk membina sistem akuntansi yang efektif untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya. Untuk itu, diperlukan kejelasan fungsi, pelaksanaan, dan pertangungjawaban setiap organisasi/perusahaan sehingga pengelolaan berjalan efektif

Akuntabilitas merupakan salah satu dari 5 (lima) prinsip GCG (Good Corporate Governance). GCG adalah suatu praktik pengelolaan perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders. Dengan implementasi GCG, maka pengelolaan sumberdaya perusahaan diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan perusahaan dan memperhatikan stakeholders approach. Good Corporate Governance (GCG) memastikan bahwa manajemen berjalan dengan baik. Tujuan GCG pada intinya adalah menciptakaan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan. Pihak-pihak tersebut adalah pihak internal yang meliputi dewan komisaris, direksi, karyawan, dan pihak eksternal yang meliputi investor, kreditur, pemerintah, masyarakat dan pihak–pihak lain yang berkepentingan (stakeholders).

Dari contoh kasus diatas, maka dapat disimpulkan bahwa seharusnya perusahaan menerapkan setiap prinsip GCG dalam mengelola perusahaannya agar berjalan dengan baik. Dalam hal ini, perusahaan harus menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan administrasi pada rumah sakit tersebut.

Demikian

-ikhsan-

Sumber :

  • Google
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: