Home > Uncategorized > [Artikel] Pemakaian Telepon Genggam (Handphone) Oleh Konsumen Saat Ini

[Artikel] Pemakaian Telepon Genggam (Handphone) Oleh Konsumen Saat Ini

Komunikasi merupakan kebutuhan primer masyarakat saat ini. Sejak beberapa tahun yang lalu, penjualan alat telekomunikasi meningkat tajam. Handphone atau telepon genggam saat ini dapat dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat. Dari masyarkat kelas atas sampai menengah kebawah. Data menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan diraih oleh Nokia yang merupakan produk trend setter dalam penjualan handphone di Indonesia. Walaupun bukan merek handphone pertama yang dibuat, namun Nokia dapat meyakinkan para konsumen untuk menggunakan produknya. Menurut data penjualan Nokia merebut 60 persen pangsa pasar tanah air. Brand yang menjadi follower antara lain Motorolla, Sony Ericsson, Samsung, dll. Sedangkan dari segi pengembangan desain, saat ini banyak ditemui tipe handphone yang memiliki desain seperti BlackBerry (BB), dengan ciri-ciri menggunakan keypad qwerty dan berpenampilan bongsor. Selain untuk berkomunikasi, telepon genggam pun berubah fungsi menjadi media untuk mengakses internet, pemutar lagu, pengambil gambar, dan lain sebagainya.

Tren yang diminati pria dan wanita dilihat berdasarkan fungsi kebutuhan, desain (dimensi, bobot), dan teknologi yang didukung. Kalau dilihat  tren penggunaan handphone yang diminati pria & wanita menggunakan teori skala CAD (Cohen), orientasi seorang konsumen wanita cenderung memilih handphone dengan tampilan menarik dan desain slim, sedangkan konsumen pria biasanya memilih handphone dengan spesifikasi yang tinggi dan tidak memikirkan desain. Sedangkan dalam skala ATSCI (Attention to Social Comparison Information), reaksi konsumen baik pria maupun wanita dalam pemilihan produk handphone didasarkan lebih kepada penggunaan internet yang saat ini sedang marak dimasyarakat.

Bahkan saat ini para konsumen lebih memilih handphone dengan pertimbangan mobilitas pemakaian internet yang lebih maksimal. Selain itu, pengambilan keputusan membeli oleh konsumen juga didasarkan pada brand atau merek yang biasanya sudah dikenal masyarakat. Harga produk yang diminati para konsumen pun masih menjadi perhitungan konsumen dalam pengambilan keputusan. Motivasi konsumen dalam pemakaian handphone saat ini adalah lebih mudah berkomunikasi, baik via suara maupun teks dan membuat mereka selalu terhubung dengan kerabat lainnya. Pengaruh afeksi dalam pemakaian handphone berdasarkan pengaruh usia, digolongkan dalam dua macam, yakni usia muda dan tua. Dalam rentang usia muda, pengaruh afeksi didasarkan oleh model, merek, dan teknologi yang didukung oleh handset. Sedangkan rentang usia tua, cenderung lebih didasarkan pada pemakaian handphone secara umum (suara dan teks). Pemasaran yang dilakukan oleh produsen handphone saat ini terdapat pada segala media (televisi, koran, majalah, radio, dll), harga dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarkat, spesifikasi handphone, dan murahnya berkomunikasi (hasil kerjasama dengan operator).

-Sekian-

Sori masih berantakan, buru-buru sebelum pesawat boarding…😉

Categories: Uncategorized
  1. dian
    December 31, 2009 at 8:47 am

    great topic to discuss, how do you do???

    • January 3, 2010 at 4:57 am

      sebenernya ini tugas kuliah, dan sebenarnya lagi data-data diatas belum fix, karena sangat-sangat terburu-buru waktu ngebuatnya… nanti aku update lagi… terima kasih buat komennya…🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: