Home > Uncategorized > Iklan Air Minum Kemasan ‘Aqua’, “Satu Untuk Sepuluh”

Iklan Air Minum Kemasan ‘Aqua’, “Satu Untuk Sepuluh”

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan air sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Apapun kegiatan manusia tidak bisa lepas dari kebutuhannya terhadap air. Pemborosan air pun membuat cadangan air bersih di bumi semakin menipis. Mungkin saat ini kita masih dapat membuang-buang air dengan mudah, dan ironisnya masih banyak masyarakat yang sulit mendapatkan air bersih untuk kegiatan sehari-hari mereka. Beberapa program pemerintah mungkin belum mampu menjangkau daerah-daerah yang masih kesulitan mendapatkan air bersih dan minimnya fasilitas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Beberapa lembaga bantuan baik dari dalam negeri maupun luar negeri serta perusahaan pun ikut turun tangan dalam memecahkan permasalahan tersebut.

Salah satu perusahaan yang menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan adalah PT Aqua Golden Misissippi. Perusahaan tersebut membuat sebuah program yang disebut “Aqua 1 untuk 10”. Satu untuk sepuluh merupakan program untuk meningkatkan kesadaran kebiasaan hidup sehat melalui penyediaan akses air bersih serta edukasi kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam media promosinya di televisi, PT Aqua Golden Misissippi sebagai salah satu perusahaan pelopor air minum kemasan di Indonesia, membuat sebuah iklan yang mendorong masyarakat untuk lebih cinta pada lingkungan dan memberikan informasi betapa air sangat dibutuhkan oleh manusia.

Iklan tersebut menunjukkan betapa kepedulian sebuah perusahaan air minum dalam mengelola lingkungan sekaligus menjadi media promosi yang tepat dimasa-masa saat ini. Iklan tersebut memiliki tagline dengan membeli satu liter air minum kemasan Aqua (bertanda khusus) maka Aqua memberikan komitmen penyediaan akses 10 liter air bersih bagi masyarakat Indonesia yang kesulitan dalam menjangkau air bersih. PT Aqua Golden Misissippi akan memberikan fasilitas akses air bersih yang mudah dijangkau oleh warga sekitar. Dalam situsnya, Aqua telah membangun lebih dari 200 titik air di kecamatan Boking dan Amanatun Utara di Nusa Tenggara Timur yang dimulai pada tahun 2007.

Iklan tersebut memeragakan seorang anak Sekolah Dasar dari Nusa Tenggara Timur yang sangat terbantu dengan adanya program satu untuk sepuluh. Dampak motivasi seorang konsumen yang ditimbulkan dari iklan tersebut antara lain membuat konsumen untuk ikut berpartisipasi dalam membantu Saudaranya yang sangat memerlukan air bersih dan peningkatan kualitas hidup mereka. Secara tidak langsung, iklan tersebut memengaruhi konsumen dalam membeli air minum kemasan Aqua yang hasilnya tidak hanya ditujukan pada konsumen tersebut melainkan berefek pada orang lain.

Implikasi etika yang mungkin ditimbulkan dari iklan tersebut antara lain, ikut menggerakkan hati seorang konsumen dengan memberikan perhatian terhadap masyarakat yang masih kesulitan dalam menjangkau air bersih didaerahnya dan untuk ikut berpartisipasi dalam membantu Saudaranya yang sangat memerlukan air bersih dan peningkatan kualitas hidup mereka, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mulai menghemat pemakaian air bersih.

Jadi, mari kita mulai berhemat sekarang juga dengan tidak menggunakan air tanah secara berlebihan.

Sekian😉

Sumber referensi : PT Aqua Golden Misissippi (www.aqua.com)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: